5 Kesalahan yang Sering Anda Lakukan Saat Shower!

7:46 PM
Ternyata, tidak semua yang Anda lakukan saat shower itu baik untuk kulit. Beberapa kebiasaan saat shower bahkan bisa memengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Tenang, bisa diperbaiki dengan mudah, kok. Yuk, coba cek, poin nomor berapa yang sering Anda lakukan?

1. Berlebihan Menggunakan Scrub

Ekfoliasi secara rutin penting untuk mengangkat sel kulit mati untuk menjaga kulit tetap segar dan sehat. Walau begitu, hati-hati untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Ya, menggesek kulit dengan scrub terlalu keras dan terlalu sering justru lebih banyak memberikan efek buruk pada kulit daripada yang menyehatkan. Eksfoliasi berlebihan akan mengangkat lapisan atas kulit, mengurangi daya kerja skin barrier, bahkan memancing inflamasi.


Jadi, pastikan Anda mengeksfoliasi kulit tidak lebih dari satu kali sebulan dengan produk yang aman untuk kulit. Pilih yang terbuat dari bahan-bahan natural serta kandungan menutrisi agar kelembapan dan kelembutan natural kulit tetap terjaga.

2. Memakai Produk dengan Kandungan Mengiritasi

Sabun dan pembersih kulit dengan kandungan aroma, pengawet dan sulfat yang besar bisa memancing kekeringan, kemerahan, gatal hingga ruam pada kulit. Ciri-ciri iritasi pada kulit ini bahkan lebih mudah lagi muncul pada Anda yang memiliki kulit sensitif. Untuk menghindari hal ini, penting untuk mencari informasi terlebih dulu sebelum belanja produk baru. Perhatikan daftar bahan dasar untuk mengetahui kandungan sabun mandi

3. Shower dengan Air Panas Terlalu Lama

Siapa sih yang tidak suka mandi air panas berlama-lama? Rasanya luar biasa, apalagi setelah melewati hari yang panjang dan melelahkan. Sayangnya, walaupun efeknya menenangkan, sebaiknya Anda mengurangi suhu airnya agar tidak buat kulit jadi kering dan kehilangan kelembapannya. Jadi, alih-alih air panas, cukup pilih suhu suam-suam kuku. Selain itu, lama waktu shower Anda juga memengaruhi kondisi kulit setelahnya. Jika kulit Anda kering, maka sebaiknya jangan lewat dari 10 menit. Sedangkan untuk Anda yang memiliki kulit normal atau berminyak, maka 15 menit adalah waktu paling sesuai. Wow, dengan begini Anda tidak hanya sehat untuk kulit namun juga membantu menjaga lingkungan dengan mengirit air!

4. Kurang Teliti Membilas

Untuk menghindari terciptanya jerawat dan masalah kulit lainnya, Anda perlu memastikan bahwa produk yang Anda gunakan saat shower terbilas sempurna. Residu yang tersisa di kulit, bahkan setelah Anda menyekanya dengan handuk, bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah memutar kepala menyamping saat membilas rambut. Dengan begini, sisa sampo tidak melewati punggung dan menciptakan jerawat punggung.

5. Tidak Langsung Pakai Pelembap Setelahnya

Yuk, ingat bahwa waktu terbaik untuk mengenakan body lotion atau pelembap kulit adalah tepat setelah Anda mengeringkan tubuh, atau kurang dari tiga menit setelah keluar dari shower. Pelembap bekerja jauh lebih baik pada kulit yang masih lembap, dibanding pada kulit yang sudah kering.

Jika kulit Anda kering, pilih lotion yang creamy, untuk melembapkan dan menjaga kadar airnya dengan kandungan seperti linseed oil, olive oil atau madu. Untuk kulit sensitif, pilih yang kandungan aromanya sedikit dan memiki formula menenangkan seperti susu almond atau lidah buaya. Bagi pemilik kulit berminyak atau normal, coba yang mengandung vitamin dan antioksidan.
Previous
Next Post »
0 Komentar